materi kedua

chaul

(materi pertemuan II (2 x 45 menit))
Melanjutkan pengertian budaya politik dari pertemuan pertama yang telah menjelaskan apa itu budaya dan apa itu politik. Dipertemuan kali ini, akan membahas tentang sistem dan juga pengertian Budaya Politik.
3. Sistem Politik
Dalam rangka membahas budaya politik tidak dapat lepas dari sistem politik, maka kita bahas terlebih dahulu tentang sistem politik. Sistem politik adalah alokasi dari nilai-nilai yang bersifat paksaan, atau dengan kewenangan dan mengikat masyarakat sebagai suatu keseluruhan. Sistem politik berkaitan dengan kehidupan politik masyarakat dan kehidupan politik pemerintah. Dan pada umumnya sistem politik terdapat empat variabel, yaitu:
a. Kekuasaan sebagai suatu cara untuk mencapai hal yang diinginkan.
b. Kepentingan merupakan tujuan-tujuan yang dikejar oleh pelaku atau kelompok politik.
c. Kebijaksanaan sebagai hasil dari interaksi antara kekuasaan dan kepentingan, biasanya dalam bentuk perundang-undangan.
d. Budaya politik orientasi subyektif dari individu terhadap sistem politik.

4. Budaya Politik
Budaya politik merupakan perwujudan nilai-nilai politik yang dianut oleh sekelompok masyarakat, bangsa, atau negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan aktivitas-aaktivitas politik kenegaraan. Berikut adalah pengertian budaya politik dari para ahli:
a. Almond dan Verba
Budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dananeka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada didalam sistem itu.
b. Kay Lawson
Budaya politik adalah terdapatnya satu perangkat yang meliputi seluruh nilai-nilai politik yang terdapat diseluruh bangsa.
c. Austin Ranney
Budaya politik adalah seperangkat pandangan-pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama, sebuah orientasi terhadap obyek-obyek politik.
Budaya politik ini dapat terjadi pada masyarakat modern, tradisional maupun primitif. Dan dengan memahami budaya politik kita dapat memperoleh 2 manfaat yaitu:
a. Mengetahui sikap-sikap warga negara terhadap sistem politik yang akan mempengaruhi tuntutan-tuntutan, respon-responya, dukungan serta orientasinya terhadap sistem politik.
b. Dengan memahami hubungan budaya politik dengan sistem politik, maksud-maksud individu melakukan kegiatannya dalam sistem politik atau faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya pergeseran politik dapat dimengerti.
Menurut Almond dan Verba obyek politik terdapat tiga komponen yaitu:
a. Komponen orientasi politik
b. Komponen orientasi afektif
c. Komponen orientasi evaluatif
Ketiga komponen ini saling berkaitan, saling berhubungan, dan saling mempengaruhi, disebabkan adanya perbedaan tingkat permasalahan tentang perkembangan masyarakat pada setiap individu. Dilihat dari sudut fungsinya secara keseluruhan budaya politik bertujuan untuk mencapai atau memelihara stabilitas sistem politik yang demokratis. Kebanyakan dari negara berkembang masih diliputi oleh situasi pertarungan untuk merumuskan kebudayaan atau identitas nasional dengan caranya masing-masing. Faktor penentu didalam proses penyesuaian kebudayaan dengan stuktur politik . secara vertikal terdapat persepsi yang kurang harmonis antara elite dan massa.
Elite politik adalah orang yang memimpin, merencana, menggerakkan, dan memiliki “kekuasaan” atas massa, serta sebagai orang yang mempengaruhi.
Massa adalah orang yang dikuasai dan dipengaruhi sebagaimana adanya.
Apabila aspek-aspek kebudayaan telah sejalan dengan susunan lembaga-lembaga politiknya, dapat dipastikan tidak akan banyak persoalan yang muncul dalam rangka penataan dan pembangunan politik yang dilakukan oleh masyarakat. Proses sosialisasi politik hendaknya diperhalus dengan upaya untuk melibatkan struktur bawah penting dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: