materi awal

CIMG4261

(materi pertemuan I (2 x 45 menit))
BAB. I
BUDAYA POLITIK INDONESIA
Standar Kompetensi:
1. Menganalisis Budaya Politik di Indonesia
Kompetensi dasar:
1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
1.2. Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
1.3. Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
1.4. Menampilkan peran serta budaya politik partisipan

Pendahuluan
Kegiatan politik dalam suatu masyarakat politik menempatkan kedudukan manusia sebagai insan politik yaitu makhluk yang terlibat dalam kegiatan politik. Karena manusia merupakan makhluk politik, menurut Aristoteles, maka hanya dalam komunitas politik manusia dapat hidup dalam sebuah kegiatan yang lebih baik. Dalam pandangan ini, selanjutnya politik sebenarnya merupakan kegiatan etik yang diarahkan untuk menciptakan masyarakat yang berkeadilan.
1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
1. Pengertian Budaya
Manusia adalah makhluk yang berbudi, yang memiliki potensi pikir rasa, karsa dan cipta karena potensi inilah manusia menduduki atau memiliki martabat yang tinggi. Dengan akal budinya masyarakat manusia menjadi kebudayaan.
Kebudayaan atau culture (Inggris) berasal dari kata latin colore yang berarti mengolah tanah atau bertani. Dari arti ini berkembang arti culture sebagai daya dan upaya serta tindakan manusia untuk mengolah tanah atau mengubah alam. Dalam bahasa Indonesia kata culture diadopsi menjadi kata kultur.
Beberapa pengertian kebudayaan menurut beberapa tokoh:
a. Koentjaraningrat
Kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik sendiri manusia dengan belajar.
b. Sir Edward Burnett Tylor
Kebudayaan merupakan kompleks keseluruhan yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, moral, kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

c. A.L. Kroeber dan Clyde Cluckhon
Kebudayaan adalah seluruhan pola-pola tingkah laku dan pola-pola bertingkah laku, baik eksplisit maupun implisit yang diperoleh dan diturunkan melalui simbol yang akhirnya mampu membentuk sesuatu yang khas dari kelompok-kelompok manusia termasuk perwujudannya dalam benda-benda materi.

2. Pengertian Politik
Kata politik berasal dari bahasa Yunani polis yang artinya kota atau negara kota. Secara umumdapat diartikan macam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik/ negara yang menyangkut kemaslahatan hidup seluruh warga negara. Politik pada dasarnya menyangkut tujuan-tujuan masyarakat, bukan tujuan pribadi.
Beberapa pengertian politik dari beberapa tokoh adalah sebagai berikut:
a. Joyce Mitchell dalam bukunya mengatakan bahwa politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat.
b. Karl W Deutsch politik adalah pengambilan keputusan-keputusan pribadi oleh seseorang, dan bahwa keseluruhan keputusan-keputusan semacam ini berbeda dengan pengambilan keputusan-keputusan pribadi oleh seseorang, dan bahwa keseluruhan dari keputusan-keputusan ini merupakan “sektor umum” dari suatu negara.
c. Hoogewerf mengaskan bahwa inti politik ini adalah kebijakan (policy) yaitu suatu usaha manusia untuk tidak hanya menyesuaikan diri secara pasif terhadap perubahan-perubahan dalam lingkungannya, melainkan secara aktif mengadakan, menghalangi, memperlambat, mempercepat, mengendalikan, atau mengubah arah dalam perubahan tersebut.
d. Harold Laswell politik adalah masalah siapa, mendapat apa, kapan dan bagaimana.
Kata politik dalam kehidupan sehari-hari terkadang diberi makna negatif, dengan konotasi: penipuan, kebohongan, akal-akalan, permusuhan, dan kesemuanya itu bias berakibat buruk. Namun dalam kehidupan demokrasi, sebagai WN yang demokrasi dituntut keterlibatannya dalam politik, agar terwujud pemerintah dari, oleh dan untuk rakyat. Konotasi positif terbagi menjadi dua yaitu politik dalam arti kepentingan umum dan politik sebagai kebijakan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: